Tips Cara Putus Baik-Baik

4 Hal yang harus dilakukan untuk akhiri hubungan secara baik-baik

Tak semua hubungan asmara bisa bertahan selamanya, kadangkala ada saatnya harus berpisah. Perlu sikap dewasa untuk mengakhiri sebuah hubungan dengan cara seperti ini.

Mari pelajari seni mengakhiri dengan cara yang sehat. Lakukan 4 hal ini ketika kamu mengakhiri sebuah hubungan, sehingga pasangan yang akan segera menjadi mantan tidak akan merasa seperti sedang dicampakkan, dan pada akhirnya kalian selalu ingat meskipun harus berakhir hubungan yang sudah dijalani selama ini bukannya tak berarti.

Katakan dengan terus terang…dengan baik

Kamulah yang akan membawa kabar buruk itu ke pasanganmu. Tentu kamu perlu menyampaikannya dengan baik. Bertanggung jawablah dengan tidak berputar-putar saat mengatakannya. Merasa bersalah karena mengakhiri sebuah hubungan adalah risiko yang harus kamu ambil. Toh, kamu sudah mempertimbangkannya berkali-kali. Jadi katakan dengan jujur dan terus terang. Jelaskan dengan baik mengapa hubungan ini tidak lagi sesuai untukmu.

Kata-kata akan bertahan seumur hidup di benak orang yang mendengarnya. Jika kamu menyampaikan maksudmu dengan kata-kata yang baik, kamu dapat meringankan rasa sakitnya meskipun hanya sedikit.

Jangan saling menyalahkan

Jangan biarkan emosi mengendalikanmu dalam masa-masa putus ini. Alih-alih menuruti amarah atau muak, cobalah ‘menyerap’ situasi yang ada dan lepaskan perlahan. Ingatlah, diperlukan dua orang untuk membuat kesalahan yang mengakhiri sebuah hubungan. Tidak peduli betapa tak termaafkan kesalahan yang dia buat, kamu juga ambil bagian dalam kegagalan itu. Jadi tak perlu saling menyalahkan.

Kenali perasaanmu dan hadapi dengan jujur

Mengakhiri hubungan bukan hal yang mudah. Meskipun kamu menjadi pihak yang mengakhiri, kamu tetap merasa sedih dan kehilangan. Kamu pun merasa patah hati dan itu wajar. Jangan menyangkal perasaan itu. Mengakui apa yang kamu rasakan bakal membuatmu lebih mudah melepaskannya. Sementara menyangkal hanya membuat hatimu dipenuhi racun dan kamu tidak akan pernah lepas dari perasaan itu.

Tetap bersikap baik

Putus cinta merupakan salah satu situasi terburuk di dalam hidup kita sebagai manusia. Jadi berbaik hatilah kepada diri sendiri dan pasangan yang kamu tinggalkan. Ingatlah ikatan yang kalian miliki saat masih bersama. Mungkin rasa sayang itu saat ini didominasi oleh perasaan negatif, namun tetap tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Mungkin dia masih membutuhkan dukunganmu untuk bangkit dari keterpurukan. Memang kamu tidak bisa lagi mencurahkan kasih sayang yang sama besarnya seperti dulu. Tetapi tak ada salahnya untuk memberikan dukungan dan penghiburan. Ini juga bisa menjadi terapi pelepasan bagimu.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mengakhiri hubungan secara baik-baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *