Wujudkan Dapur Minimalis Yang Nyaman

Dapur Minimalis Yang Nyaman SejasaDapur sering dianggap sebagai ruangan yang paling mudah berantakan. Ketika memasak, dapur cenderung menjadi kotor karena sisa bahan makanan serta noda yang menempel di dinding dapur. Membersihkan dapur yang berantakan tentu juga akan menyita waktu dan tenaga. Padahal, kita juga sudah lelah setelah memasak dan mencuci peralatan masak. Jika tidak ingin kerepotan membersihkan dapur, cobalah untuk beralih ke dapur minimalis. Karena memiliki perabotan yang sederhana, dapur bergaya modern ini mudah dibersihkan. Selain itu, dapur minimalis juga memberikan kesan nyaman. Perhatikanlah hal-hal berikut ini untuk menata dapur minimalis anda.

1. Singkirkan peralatan yang tidak dibutuhkan
Banyaknya barang di dapur membuat dapur menjadi mudah berantakan. Apalagi dapur juga tidak cukup luas untuk menempatkan barang-barang tersebut. Kita akan kesulitan ketika kita akan meletakan, mencari, serta menggunakannya. Agar mudah diambil, akhirnya semua barang diletakan di tempat yang sama sehingga dapur terlihat berantakan. Padahal, banyak peralatan masak yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Setelah dibeli, peralatan masak tersebut biasanya hanya menggunakannya sekali saja. Oleh karena itu, pilihlah peralatan masak apa saja yang tidak anda butuhkan. Pindahkan barang tersebut ke ruang penyimpanan dan keluarkan ketika dibutuhkan. Beberapa contohnya ialah alat pembuat popcorn, alat pembuat ice cream, serta alat pemanggang roti. Penggunaan ketiga alat tersebut sebenarnya juga bisa digantikan oleh peralatan lain.

2. Pindahkan barang-barang yang tidak relevan
Tanpa disadari, banyak juga barang selain peralatan masak yang diletakan di dapur. Barang-barang tersebut biasanya dianggap tidak penting sehingga diletakan di sembarang tempat. Beberapa diantaranya ialah surat-surat serta buku-buku. Jika dapur anda juga salah satunya, ubahlah kebiasaan tersebut. Namun, bila misalnya anda berbiasa membaca buku di dapur, pindahkanlah buku tersebut setelah digunakan. Pindahkan juga barang elektronik seperti radio dan televisi dari dapur anda. Barang-barang tersebut membuat dapur menjadi lebih sempit. Anda tetap bisa mendengarkan radio ketika memasak melalui telepon genggam.

3. Atur setiap barang sesuai jenisnya
Salah satu penyebab dapur yang berantakan ialah penataan barang-barangnya. Sebelum menata barang-barang di dapur, anda harus mempertimbangkan letaknya terlebih dahulu. Usahakan agar barang-barang tersebut menjadi mudah ditemukan. Penempatan barang bisa dibedakan berdasarkan jenisnya. Anda bisa menyiapkan laci khusus untuk sendok, garpu, serta alat masak seperti spatula dan penyaring. Sementara itu, piring-piring dapat diletakan di lemari khusus. Siapkan juga container berukuran sedang jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Tahap ini akan lebih mudah bila anda telah melakukan dua tahap sebelumnya.

4. Gunakan dekorasi yang sederhana
Mendesign dapur minimalis bukan berarti anda melewatkan dekorasi. Dapur minimalis juga perlu diberikan sentukan artistik agar memberikan keindahan. Namun dekorasi yang digunakan haruslah tetap sederhana. Hindari penggunaan warna dan pola yang terlalu mencolok. Untuk menampilkan kesan asri, anda bisa meletakan tanaman hias di dalam pot. Pilihlah tanaman yang beraroma segar sehingga mampu menangkal bau tak sedap. Keindahan pada dapur minimalis juga bisa didapat melalui wall decor sederhana. Beberapa diantaranya ialah berupa kutipan, hiasan dinding, serta lukisan. Selain itu, desain lampu juga dapat memberikan kesan estetis.
Menciptakan dapur minimalis bukanlah hal yang rumit. Anda hanya membutuhkan kreativitas untuk menata barang-barang di dapur anda. Selain itu, anda juga harus konsisten untuk tidak meletakan sembarang barang di dapur. Dengan demikian, dapur minimalis anda akan menambah keindahan interior rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *